Pemkab Kepahiang Salurkan 1.518 Sembako Program Jaring Pengaman Sosial

Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid,MM,IPU

Bupati Kepahiang Menyerahkan Secara Simbolis Sembako Kepada Camat Tebat Karai. Foto/Dok

Interaktif News - Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid,MM,IPU menyalurkan 1.518 paket sembako program Jaring Pengaman Sosial (Social Safety Net) untuk wilayah kecamatan Tebat Karai. Rabu (29/4/2020). Hadir dalam penyaluran tersebut Wakil Bupati Kepahiang Netti Herawati, Kepala OPD, Kapolsek Tebat Karai, Camat Tebat Karai serta Kades Se-kecamatan Tebat Karai.

Dalam arahannya Bupati menyampaikan bahwa sembako ini akan diserahkan kepada masyarakat miskin yang terdampak Covid-19, sesuai dengan data yang dikumpulkan secara berjenjang dari Desa/Keluarahan, Kecamatan dan diverifikasi oleh Dinas Sosial Kabupaten Kepahiang.

“Bantuan ini tujuannya tidak lain untuk meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak baik secara langsung maupun tidak langsung akibat Covid-19 ini,” kata Bupati.

Bupati juga menegaskan kepada camat dan kepala desa jika nanti ada masyarakat yang nyata-nyata dan layak namun belum mendapatkan bantuan apapun agar dapat melaporkan kembali ke Camat dan Dinas Sosial.

“Yang menerima adalah orang Kepahiang ditandai dengan NIK/KTP Kepahiang dengan kriteria lansia yang sudah tidak mampu bekerja, anak yatim piatu, buruh harian yang kehilangan pekerjaan akibat Covid-19 ini. Jangan sampai yang mendapatkan hanya karena hubungan kedekatan,” sambung Bupati.

Bupati melanjutkan, bantuan jaringan pengaman sosial ini berasal dari refocusing anggaran APBD Kabupaten Kepahiang. Yang mana salah satu peruntukannya adalah jaringan pengam sosial dalam bentuk sembako yang dilaksanakan saat ini.

“Selain itu juga refocusing anggaran tersebut digunakan untuk pembelian perlengkapan kesehatan, insentif untuk tenaga kesehatan, serta mendukung kegiatan diposko pengendalian dan pencegahan Covid-19 ini,” lanjut Bupati.

Pada kesempatan itu juga Wakil Bupati Kepahiang Netti Herawati, S.Sos selaku Ketua GOW Kabupaten Kepahiang berkesempatan membagikan sebanyak 1000 lembar masker untuk kecamatan Tebat Karai.

Wabup juga berharap peran perangkat desa untuk mensosialisasikan pentingnya pencegahan Covid-19 ini.

“Saya berharap Kades memberikan pengertian dan edukasi kepada masyarakatnya untuk pencegahan Covid-19 ini,” sampai Wabup.

Acara ditutup dengan penyerahan secara simbolis sembako dari Bupati Kepahiang kepada Camat Tebat Karai serta penyerahan masker dari GOW kepada Camat Tebat Karai. (Mc)