Nominasi API 2019: Pantai Cuko dan Fort Marlborough Potensi Juara, Berikut Data Perolehan Voting Sementara

API 2019

Garfik sementara perolehan vote API 2019 untuk Fort Malrborough kategori Wisata Sejarah Terpopuler, Poto/Dok 

Interaktif News – Panitia penyelenggara Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019 secara resmi telah merilis data perolehan sementara vote untuk  nominasi API 2019. Rilis yang yang dikirim ke redaksi bengkuluinteraktf.com ditandatangani ketua panita Muhammad Syafaat pada tanggal 1 Juli 2019.

Dari data rilis tersebut 6 destinasi wisata dan1 kuliner asal Provinsi Bengkulu yang masuk nominasi mampu bersaing dengan nominator lain. Fort Marlborough (Situs Sejarah Terpopler) dan Pantai Cuko Kabupaten Kaur (Katagori Destinasi Wisata Baru Terpopuler) masing-masing berhasil menduduki posisi ketiga. 

Fort Marlborough memperoleh vote 7,5 % bersaing dengan Wisata Sejarah Perahu Batu dari Kepulauan Tanimbar Provinsi Maluku dengan vote 50.9% menduduki peringkat pertama dan Istana Raja Sisingamangaraja asal Kabupaten Humbahas Provinsi Sumut dengan vote 33.5% menduduki urutan kedua.

Sedangkan Pantai Cuko Kaur nominator untuk Kategori Destinasi Wisata Baru Terpopuler memperoleh vote 10,0 % menempel dua Nominator asal Kulon Progo Jogjakarta Wisata Pule Payung dengan vote 63.8% menduduki urutan pertama diikuti dengan Destinasi wisata asal Kabupaten Siak Provinsi Riau Tepian Bandar Sungai Jantan dengan Vote 19,3 % dengan menduduki posisi kedua. 

Pantai CukoSalah satu sudut pemandangan Pantai Cuko Kabupaten Kaur

Nominator asal Provinsi Bengkulu lainnya yang berpotensi juara adalah Jelajah Lubuk Resam asal Kabupaten Seluma yang masuk nominasi untuk kategori Wisata Olahraga Pertualangan Terpopuler. Jelajah Lubuk Resam menduduki posisi keempat dengan perolehan 8,0% vote. 

Sedangkan Pendap yang digadang-gadang juara untuk kategori Makanan Tradsional Populer hanya menduduki posisi keenam dengan perolehan 2,7 % vote. Makanan khas asal Bengkulu itu untuk sementara kalah bersaing dengan enam masakan tradisonal lainnya seperti Kue Talam Durian asal Pekanbaru, Sate Apaleh asal Bereun, Brekecek asal Cilacap, Kue Khasida asal Kabupaten Lingga, dan Gammi Bawis dari Bontang. 

3 Nominator lain asal Bengkulu yaitu Arus Ketahun Rafting memperoleh 7,0% vote menduduki posisi kelima, Pulau Enggano kategori Surga Tersembunyi Terpopuler memperoleh 4,4% urutan keenam, Bukit Kaba kategori Dataran Tinggi Populer memperoleh 0,8 % vote menduduki posisi ketujuh. 

Hasil tersebut adalah perolehan sementara per tanggal 30 Juni 2019, masyarakat Bengkulu bisa terus memberikan dukungan melalui 3 saluran voting (pemungutan suara) yaitu : SMS ke nomor 99386 (semua operator) dengan menggunakan keyword sesuai nominasi, Aplikasi Android; Praja TV dan API Award, Video Pariwisata (youtube channel APIaward)

Khusus untuk dukungan vis SMS dapat menggunakan keyword dibawah ini

  • Fort Malbrough ketik API 12D kirim ke 99386
  • Pantai Cuko Kaur ketik API 17C kirim ke 99386
  • Jelajah Lubuk Resam Kketik API 7B kirim ke 99386
  • Bukit Kaba ketik API 10C kirim ke 99386
  • Pulau Enggano Ketik API 18C kirim ke 99386
  • Pendap Bengkulu ketik API 1I kirim 99386
  • Arus Ketahun Rafting ketik API 7B kirim ke 99386 

 

Reporter: Alfridho Ade Permana 
Editor: Riki Susanto