Muktis Yulizar, Penantang Baru Pilkada Bengkulu Selatan

Muktis Yulizar Pilkada Bengkulu Selatan

H. Muktis Yulizar, SE, poto dok/bengkuluinteraktif.com

Interaktif News – Namanya mungkin belum familiar tapi prestasinya luar biasa adalah Muktis Yulizar. Tokoh asli Bengkulu Selatan yang  kini berkarir di nasional. Pria kelahiran Batang Bangau Kota Manna ini digadang-gadang siap bertarung di arena Pilkada Bengkulu Selatan 2020. 

Muktis adalah salah seorang tokoh asal Bengkulul Selatan yang mampu menembus perusahan elit negara, Pertamina. Tidak tanggung-tanggung Ia bahkan sempat menduduki jabatan manejer beberapa kali di anak perusahaan plat merah itu. Berkat karirnya yang konsisten, kini Muktis didaulat sebagai Satuan Pengendali Internal (SPI) di PT Pertamina Dana Ventura (PDV).

Ahli Akuntansi itu memulai karir di Pertamina sejak tahun pertama menyelesaikan studi sarjana dari Universitas Isalam Indonesia (UII) Yogyakarta. Saat itu, tempat Ia bekerja masih berstatus Yayasan Tabungan Pegawai Pertamina (YTP), Muktis langsung menjabat sebagai Kepala Bagian Akuntansi dan terus menanjak hingga menuduki jabatan manejer. 

Selain ahli Akuntansi, Muktis juga seorang manejerial yang handal dan visoner. Ia menunjukan kemampuannya saat membidani perubahan YTP menjadi PT. PDV. Ia terlibat aktif dan menjadi tokoh kunci dibalik kesuskesan perubahan YTP menjadi PDV.  Ditengah peranya, anak perusahaan Pertamina itu mampu menjadi perusahaan elit yang tidak hanya mengelolaah sektor keuangan Pertamina tapi mampu merambah sektor lain diluar Pertamina. 

Kini sang enterperneur  itu diminta pulang kampung untuk mengabdikan diri pada tanah kelahiran. Muktis didorong untuk maju sebagai kandidat di pilkada Bengkulu Selatan mendatang. Kemampuan Muktis diyakini mampu membawah perubahan besar.

Beberapa tokoh muda di Bengkulu Selatan bahkan  ikut mendorong Muktis untuk mengambil bagian dalam membangun bumi sekundang setungguan itu. Seperti yang disampaikan  Komunitas Persaudaraan Pemuda Serawai (KPPS) Ardiansyah Affan  yang meminta kesedian Muktis untuk mengabdi di tanah kelahiranya. 

Menurut Affan, kehadiran sosok seperti Muktis sangat tepat di tengah dinamika pembangunan yang belum menemukan arah akibat gejolak hukum yang menimpa dua mantan bupati Bengkulu Selatan. Affan menilai gejolak hukum itu sangat berpengaruh dengan psikologis masyarakat. 

“Kita butuh sosok yang sejuk dan mampu menghadirkan garansi kepemimpinan tanpa korupsi, beliau (Muktis) adalah contoh sosok yang hebat, saya yakin beliau sosok yang pas  untuk menghadirkan kepemimpinan berintegritas di tengah krisi kepercayaa publik dengan kepala daerah” ujar Affan

Ditambahkannya, Muktis adalah kelahiran Bengkulu Selatan yang sempat tinggal di Batang Bangau Kota Manna, kedua orang tuanya berasal dari Desa Jeranglah Tinggi (Ibu) dan Bengkenang (Ayah) "Jadi saya kira komplit mewakili komunitas pemilih di Bengkulu Selatan" tutupnya, Senin (16/06/2019)

Berikut Biodata lengkap Muktis Yulizar

Nama lengkap: H. Muktis Yulizar, SE
Tempat tanggal Lahir: Manna, 18 Juli 1963
Pendidikan: Fakultas Ekonomi UII Yogyakarta 
Pekerjaan: Kepala SPI PT. Pertamina Dana Ventura 

Reporter: Junaidi Hamid
Editor: Riki Susanto