Melalui DD dan ADD, Inilah Program Desa Padang Pandan

1

Pembukaan Infrastruktur Jalan di Desa Padang Pandan. Foto: Junaidi Hamid.

Bengkulu Selatan,BI – Hampir seluruh desa saat ini sudah menerima kucuran Dana Desa (DD) tahap satu tahun 2019, tak terkecuali Desa Padang Pandan Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan.

Iskandar selaku Kepala Desa Padang Pandan mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan berbagai program untuk memanfaatkan dana tersebut. 

“Desa kami di tahun ini mendapatkan kucuran Dana Desa (DD) sebesar Rp.761.680.000 dan alokasi  Dana Desa (ADD) sebesar Rp. 403.884.000 untuk tahap satu ,disamping untuk pembayaran gaji perangkat desa, berdasarkan musyawarah yang telah disepakati bersama telah di putuskan beberapa kegiatan pembangunan.

Program itu meliputi Pembukaan jalan baru sepanjang 2 km dengan dana sebesar Rp.172.393.000,Pembangunan Plat Dweker sebanyak 3 titik dengan dana sebesar Rp 26.114.000,Pembuatan Siring pasang  dengan dana sebesar Rp. 20.055.000, pengoralan jalan sepanjang 2 km dengan dana sebesar Rp. 288.329.000, Penanaman modal untuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Rp 30.000.000 serta pembangunan lain yang saat ini sudah pada proses pelaksanaan.

Kepala Desa Padang Pandan Iskandar mengharapkan, dengan telah dibangunnya infrastruktur yang ada di desa padang pandan, kedepan semoga tidak ada lagi masyarakat yang kesulitan untuk mengankut hasil pertanian serta lahan milik warga bisa menjadi mahal, disamping itu dirinya berharap kepada warga desa kiranya dapat berpartisipasi dalam pembangunan desa.

“Semoga dengan telah dibangunnya infrastuktur di desa ini, kedepan masyarakat dapat mudah menjual hasil pertaniannya, tanah warga menjadi mahal , sebab sudah dibuka akses jalan baru didepan lahan mereka”. ujarnya.

 Lanjut Iskandar, dirinya meminta kepada masyarakat desa untuk dapat menjaga infrastruktur desa yang telah dibangun. “Mari kita sama sama memelihara pembangunan yang sudah kita bangun pada tahun sebelumnya dan sekarang”.pungkas Iskandar.


Reporter: Junaidi Hamid
Editor : Alfridho Ade P