Launching Besok, KPU Kota Bengkulu Siap Gelar Coklit Serentak

Martawansyah

Ketua KPU Kota Bengkulu, Martawansyah saat menggelar rapat koordinasi Jumat, 18 Juli 2020, Poto:Dok/Irfan Arief

Interaktif News – Komisi Pemilihan Umum Kota Bengkulu Sabtu besok, (18/07/2020) akan melaunching gerakan pencocokan dan penelitian (Coklit) serentak tahapan pemutakhiran data pemilih untuk pilkada Gubernur dan wakil Gubernur Bengkulu tahun 2020. 

Dikatakan Ketua KPU Kota Bengkulu, Martawansyah, gerakan coklit serentak bertujuan agar hak-hak memilih seluruh warga negara terkhusus di Kota Bengkulu dapat terjamin dengan baik sehingga tidak terjadi masalah saat pelaksanaan pemilu. 

“Besok akan dilaksanakan launching coklit serentak. Jadi kita minta masukan, minta saran, dan minta juga sama-sama disosialisasikan agar gerakan coklit serentak kita bisa berhasil dengan baik. Nantinya data yang dihasilkan untuk pemilihan khususnya ditingkat kota ini bisa berkualitas” kata Martawansyah, usai menggelar rapat koordinasi di Rumah Pintar Pemilu KPU Kota Bengkulu, Jumat, (18/07/2020)

Martawansyah menyebutkan, kesuksesan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2020 tentu dimulai dengan basis data. Dirinya berharap, data di Kota  Bengkulu nantinya betul-betul menghasilkan data yang tingkat validitas cukup tinggi. Terlebih, tingkat akurasi data harus bagus.

Selain itu, pihaknya berharap tingkat partisipasi dari masyarakat juga tinggi. Sebab, salah Keberhasilan ukuran pemilu yakni partisipasi data pemilih.

"Tentu, bisa saja didalam nanti pemuktahiran data pemilih ada yang belum masuk, misalnya ada 17 pada Desember nanti, karena pemilihan ini rencananya diawal september, karena covid jadi Desember, kami minta juga disosialisasikan," harapnya.

Berkaitan kegiatan gerakan coklit yang akan dimulai 16 Juli 2020, pihaknya  mengajak semua elemen, agar dapat mengunjungi objek-objek yang akan di coklit. Misalnya toko-toko atau komunitas tetentu. Bahwa coklit di Bengkulu akan di laksanakan.

"Kami juga meminta kepada Dinas Dukcapil, karena ini masa kita pemuktahiran mohon kerjasamanya, jangan cepat lelah dan bosan dalam pemuktahiran data. Karena masyarakat kita cukup dinamis," sebut Martawan

Sementar itu komisioner KPU Zaini, dalam penjelasannya mengatakan, dalam coklit ini nantinya, sebanyak 778 PDP akan diturunkan kerumah-rumah warga. Satu TPS satu orang PPDP yang dimulai dari 15-13 Agustus 2020 mendatang. 

Berbeda dari tahun sebelumnya, berdasarkan pasal 23 PKPU Nomor 6 Tahun 2020 menyebutkan PPDP melakukan coklit dengan menemui pemilih dengan menerapkan Protokol Kesehatan. Seperti menggunakan masker, sarung tangan, pelindung wajah hingga menjaga jarak. 

"Coklit serentak besok itu diawali dengan apel bersama secara Nasional, untuk di Kota Bengkulu itu kita menentukan disejumlah Kecamatan. Setiap Kecamatan ada titik apel bersama, lalu ada beberapa Kelurahan juga dijadikan titik apel bersama, maksimal 20 orang dan minimal 50 orang,"ujar Anggota KPU Kota Bengkulu, Zaini Jum'at (17/7/202).

Zaini menjelaskan, disetiap Kecamatan sudah dibagi titik-titik untuk menggelar apel. Yakni Kecamatan Selebar dibagi menjadi lima titik, di kantor Kelurahan Pagar Dewa, Betungan dengan Sukarami bergabung. Dikantor Camat pecahan dari Pagar Dewa dan Sumur Dewa. 

Karena di Pagar Dewa 49 PPDP,  ditambah sekretariat melebihi kuota 50 orang sehingga dipecah menjadi 2 di Kantor Kecamatan.

"Ditempat lain Kantor Camat Kampung Melayu ada 2 titik, 1 di Kantor Camat dan 1 dikantor Kelurahan. Selanjutnya, untuk di Gading Cempaka menjadi 3 titik, Ratu Samban 2 titik, Ratu Agung 2 titik, Teluk Segara 2 titik, Muara Bangkahulu 4 titik, Sungai Serut 2 titik dan Singaran Pati 2 titik, itu titik-titik apel besok,"sebut Zaini

Reporter: Irfan Arief
Editor: Alfrihdo Ade Permana