Lantik Anggota BPD, Bupati Erwin ingatkan Prokes dan Sinergi Bangun Desa

Pemerintah Kabupaten Seluma

Bupati Seluma Erwin Oktavian saat menyerahkan SK kepada anggota BPD usai pelantikan. Kamis,1 Juli 2021. Foto/Dok: Mc

Interaktif News - Bupati Seluma, Erwin Octavian secara resmi melantik anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari 26 desa yang tersebar di sembilan kecamatan se-Kabupaten Seluma, Kamis (1/7/2021). 

Kegiatan yang bertempat di Balai Adat Kabupaten Seluma ini, turut dihadiri Wakil Bupati Seluma Drs. Gustianto, Waka II DPRD Seluma Ulil Umidi, Penjabat Sekda Drs. Darpinuddin, Plt. Kepala Dinas PMD Seluma, dan tokoh masyarakat.

Di hadapan 132 anggota BPD yang baru saja dilantik, Bupati Erwin menyampaikan beberapa pesan dan harapannya. Terutama tentang peran BPD serta perangkat desa dalam penanggulangan pandemi Covid-19.

"Ingat, pandemi Covid-19 ini belum berakhir. Bahkan, akhir-akhir ini kasus konfirmasi positif Covid-19 terus melonjak. Apalagi saat ini ada varian baru yakni varian delta yang berasal dari India sudah menyebar di Indonesia. Sangat mudah menular. Saya harap rekan-rekan bersama perangkat desa proaktif mensosialisasikan kepada warganya untuk taat prokes, pakai masker, jaga jarak, dan mencuci tangan,” pesan Erwin.

"Mengadakan pesta silakan saja, tapi tolong perketat protokol kesehatannya. Ini demi kebaikan bersama. Kesehatan kita semua menjadi hal yang sangat penting untuk mewujudkan Seluma Alap,” tambahnya.

Selain itu, Erwin juga meminta anggota BPD yang baru saja dilantik untuk segera beradaptasi dan berkoordinasi dengan kepala desa, camat, serta instansi terkait. BPD harus bisa bersinergi dengan kepala desa untuk memajukan desa.

"Segera beradaptasi, berkoordinasi dengan camat dan instansi terkait dan pahami seluruh peraturan yang berlaku. Bersinergilah dengan kepala desa untuk menggali potensi desa dan menciptakan peluang ekonomi yang dapat menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PAD). Ingat, salah satu tolak ukur desa membangun adalah desa tersebut menghasilkan PAD-nya sendiri,” sampai Bupati.

Bupati Seluma termuda ini juga berpesan agar BPD dan perangkat dapat saling kompak dalam membangun desa, melayani warga, saling menghormati dan menjaga harmonisasi, jangan sampai muncul konflik yang dapat mengganggu jalannya pembangunan dan pelayanan.

"Saya minta BPD dan perangkat desa lainnya untuk kompak saling bantu dan bahu-membahu membangun desa dan melayani warga desa masing-masing. Ingat, kita ini satu keluarga besar jangan mudah tersinggung, kita punya cita-cita untuk mewujudkan Seluma ALAP, maka dari itu saya minta jangan ada konflik yang kontraproduktif terhadap jalannya pembangunan dan pelayanan di desa,” tegasnya.

Adapun Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari 26 desa yang dilantik adalah:

1. Kecamatan Air Periukan: Desa Keban Agung, Desa Lawang Agung, Desa Talang Benuang, Desa Tawang Rejo, Desa Talang Alai, Desa Sukasari.
2. Kecamatan Lubuk Sandi: Desa Padang Capo Ilir, Desa Dusun Tengah, Desa Tanjung Kuaw.
3. Kecamatan Talo: Desa Muara Danau, Desa Kampai, Desa Bunut Tinggi, Desa Kembang Seri, Desa Durian Bubur.
4. Kecamatan Talo Kecil: Desa Lubuk Lagan, Desa Talang Padang, Desa Napalan.
5. Kecamatan Ilir Talo: Desa Padang Cekur, Desa Dusun Baru.
6. Kecamatan Seluma Timur: Desa Kota Agung.
7. Kecamatan Seluma Selatan: Desa Sengkuang.
8. Kecamatan Semidang Alas: Desa Napalan, Desa RGM II, Desa Nanti Agung.
9. Kecamatan Semidang Alas Maras: Desa Padang Bakung, Desa Lubuk Betung. (Mc)

Editor: Alfrdho AP