“Kita Saudara” Mahasiswa Papua Gelar Aksi Damai di Bengkulu

Mahasiwa Papua

Sekretariat IMAPA sebelum menggelar aksi damai di Kantor DPRD Provinsi Bengkulu, Poto/Dok

Interaktif News – Puluhan mahasiswa asal Papu yang tergabung di Ikatan Mahasiswa Papua (IMAPA) Bengkulu siang tadi Selasa, 20 Agustus 2019 menggelar aksi damai di halaman Kantor DPRD Provinsi Bengkulu. 

Aksi damai itu  digelar untuk menyampaikan pernyataan sikap atas dugaan diskriminasi, intimidasi dan perkusi yang menimpa rekan-rekannya di Surabaya, Semarang dan Malang.

Mahasiwa Papua yang tinggal di Bengkulu itu menunut perlakuan yang sama atas kehadiran mereka di bumi pertiwi, Indonesia . Pernyataan itu disampaikan mahasiswa Papua demi terwujudnya Indonesia yang damai, mandiri dan beretika secara politik.

Penus Belau yang bertindak sebagai Koordinator Lapangan sekaligus penesehat organisasi IMAPA meminta pemerintah pusat dan daerah untuk menindaklanjuti secara adil atas dugaan tindakan diskriminatif yang terjadi.

“Untuk di Bengkulu, kami merasa aman damai dan tertib. Imapa tau, kalau kami orang papua diundang ke bengkulu tentu bermaksud baik. Namun kami menegaskan hapuskan diskriminasi terhadap mahasiswa dan atau orang asli papua diseluruh indonesia” tegasnya, dikutip independentnusantara.com

Aksi damai mahasiwa Papua diterima lansung Wakil ketua DPRD Provinsi Bengkulu Suharto, MBA dari fraksi Gerindra dan didampingi anggota dari Fraksi PDIP Agung Gatam. Dikatakan Suharto, sudah menjadi kewajiban bagi negara ini menjamin perlakuan yang sama begitu pula dengan adek-adek mahasiswa dari Papua. 

“Bengkulu sangat terbuka dengan adinda sekalian, kita semua bersaudara, tanggungjawab kita bersama menjamin keselamatan, keamanan dan kenyamanan adik-adik mahasiswa yang berasal dari papua” Kata Suharto. 

Sebelumnya, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah juga menyampaikan hal yang sama. Gubernur Rohidin bahkan peryataan yang sangat menyejukan dengan cara menggaransi keamanan warga maupun mahasiswa asal Papua yang berada di Bengkulu. 

Menurutnya, harmonisasi hubungan sosial antar etnis di Bengkulu terjalin apik dan kondusif “Saya menjamin, warga maupun mahasiswa di Papua di Bengkulu dalam kondisi aman. Kita semua tetap harmonis,” ucap Rohidin.

Reporter: Iman SP Noya
Editor: Riki Susanto