Kandidat Ketua PWPM Bermunculan, Berikut 5 Nama Diprediksi Kuat

Pemuda Muhammadiyah

Rapat persiapan Muswil Pemuda Muhammadiyah Provinsi Bengkulu ke 17 beberapa waktu lalu, Poto/Dok PWPM Bengkulu 

Interaktif News –Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammmadiyah (PWPM) Provinsi Bengkulu akan menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) pada 6-7 Juli 2019 di bertempat di Gedung Daerah Provinsi Bengkulu, Jl. Jitra, Kota Bengkulu. 

Agenda Muswil itu diwarnai dengan bermunculanya calon kandidat ketua PWPM yang akan memimpin PWPM Provinsi Bengkulu 3 tahun kedepan. Diantara nama-nama calon fromatur terdapat 5 nama yang diprediksi kuat dan akan bersaing ketat untuk posisi ketua. Berikut nama-namanya 
 
1 Sumarlen 

Kader muda Muhammadiyah asal Kabupaten Mukomuko ini sudah direkomendasi dari berbagai PDPM untuk maju sebagai calon formatur. Namun, nama Sumarlen tidak hanya kuat dikalangan calon formatur namun digadang-gadang menjadi kandidat kuat untuk menjadi ketua PWPM

2. Andri Ady Simbolon

Nama yang sudah tidak asing ini adalah ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Seluma. Andri Ady Simbolon merupakan putra dari mantan Wakil Wali Kota Bengkulu Edison Simbolon yang diprediksi salah satu calon kandidat kuat untuk menduduki posisi ketua PWPM Provinsi Bengkulu. 

3.  Muharam Effendi

Muharam lebih dikenal sebagai politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Ia adalah Ketua DPW Provinsi Bengkulu di partai besutan Grace Natalie itu. Muharam Effendi adalah kader militan muhammadiyah yang saat ini menjabat  ketua PDPM Kabupaten Bengkulu Tengah. Muharam diprediksi memiliki kans kuat dan didukung penuh PDPM Bengkulu Tengah. 

4 Evi Kusnandar 

Evi Kusnandar adalah kader muda muhammadiyah yang saat ini aktif di dunia pers dan penggiat masyarakat. Evi Kusnandar saat ini tercatat sebagai ketua PDPM Kabupaten Bengkulu Utara. Dilihat dari komposisi suara Evi Kusnandar diprediksi menjadi kandidat kuat karena memiliki Pengurus Cabang terbanyak dengan 19 Kecamatan. 

5. Nadi Heriansyah 

Kader muda muhammadiyah ini adalah ketua PDPM Kota Bengkulu. Sebelum aktif di pemuda Muhamamdiyah Nadi Heriansyah adalah mantan aktifis IPM dan IMM. Dosen Universitas Muhmmadiyah Bengkulu itu adalah kandidat ideologis Muhammadiyah yang diprediksi menjadi kuda hitam di muswil PWPM 2019. 

Selain nama-nama itu, terdapat calon formatur yang diprediksi kuat untuk memimpin pemuda muhammadiyah diantarnya: Doni Fahlefi (Ketua DPD IMM) Rasman (KOKAM), Imam Ahmad Amin (PWPM), Rahmat Yudi Tofani (Mantan Ketua DPD IPM), Argus Kurniawan (Ketua PDPM Kaur), Sukamdani (Kader PDPM Lebong), Mastianto (PDPM Bengkulu Selatan), Umar Dani (PDPM Kepahiang), Muhamad Taufiqurrahman (PDPM Rejang Lebong)

Sementara itu, sekretaris panitia pemilihan (Panlih) Muswil PWPM, Kasrul Pardede mengatakan, mekanisme pemilihan ketua PWPM adalah rapat formatur yang dipilih peserta muswil.

“Tugas kami hanya menjalankan AD/ART untuk administrasi pencalonan, nanti polanya, masing-masing pimpinan daerah mengusulkan calon formatur maksimal 13 orang. Setelah itu nama-nama calon formatur usulan PDPM itu dipilih peserta muswil untuk selanjutnya diambil 13 nama dengan perolehan suara tertinggi, setelah itu 13 orang formatur inilah yang akan musyawarah mufakat untuk menentukan ketua dan komposisi pimpinan lainnya” jelas Kasrul 

Kasrul Pardede enggan menanggapi soal 5 kandidat yang diprediksi kuat tersebut. Menurutnya itu bukan ranahnya selaku panitia penyelenggara. Kasrul menegaskan kewenangan Panlih hanya mengatur mekanisme pemilihan sesuai AD/ART.

“Waduh….kalau itu bukan ranah kami, silahkan ditanya ke kandidat atau timses-nya masing-masing” ujar Kasrul 

Namun, Kasrul membenarkan 5 kandidat itu masuk dalam calon formatur yang diusulkan masing-masing PDPM. “Kalau nama-nama itu ya masuk dalam usulan calon formatur tapi kalau soal kuat atau tidak bukan ranah saya untuk komentar” katanya menutup, Senin (01/07/2019) 

Reporter: Anasril Azwar
Editor: Riki Susanto