Unihaz Potong Hewan Kurban, Rektor: Spirit untuk Kebaikan, Habluminallah dan Habluminannas

Unihaz

Suasana pemotongan hewan kurban di Kampus Unihaz, Bengkulu, Minggu, 02 agustus 2020, Poto:Dok/Irfan Arief

Interkatif News – Perayaan Idul Adha 1141 H/2020 M di tengah pandemii COVID-19 tidak menyurutkan semangat saling berbagai di kalangan civitas akademika Universitas Hazairin Bengkulu (Unihaz). Minggu pagi, (02/08/2020) kampus tertua di Bengkulu ini menyembelih 3 ekor hewan kurban.

3 ekor sapi yang disembelih itu merupakan sumbangan dari dosen dan karyawan Unihaz  yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. 

Rektor Unihaz, Dr Ir Yulfiperius, M.Si mengatakan, pemotongan hewan kurban rutin dilakukakan kampus unihaz di setiap peryaan hari raya idul adha 

“Alhamdulillah tahun ini kami memotong 3 ekor sapi” katanya saat menyerahkan secara simbolis hewan kurban ke panitia pemotongan.

Berqurban lanjut rektor, merupakan ibadah yang menggambarkan spirit berkorban dalam hidup dalam melakukan kebaikan. Dalam beragama serta kehidupan berbangsa dan bernegara juga memerlukan pengorbanan lahir dan batin sebagai wujud dari ketulusan, pengabdian, dan ibadah yang ditujukan semata karena Allah agar ridho dan karunia-Nya diraih. 

“Dalam kehidupan di dunia tiada manusia bekerja dan meraih keberhasilan tanpa pengorbanan. ini salah satu bentuk dari Habluminallah dan habluminannas” lanjut Rektor yang murah senyum ini. 

Ibadah Qurban sambung rektor, memberikan pesan penting bahwa pengorbanan apapun yang dilakukan dengan ikhlas semata-mata mengharapkan Ridho Allah SWT disertai sabar dan tawakkal, pada akhirnya akan mendapatkan balasan berlipat ganda. 

“Ibadah Qurban tidak hanya dimaknai sebatas penyembelihan hewan dan membagi-bagikannya pada saudara-saudara kita yang berhak, tetapi lebih dari itu, pada hakikatnya ada makna filosofis yang perlu kita gali dibalik peristiwa besar itu, ibadah Qurban mengajarkan kita nilai-nilai sosial kemanusian” katanya

Rektor juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh civitas akademika Unihaz yang telah berpartisipasi dalam kegiatan penyembelihan hewan kurban, ia juga menyampaikan terimakasih kepada masyarakat sekitar khusunya dan seluruh masyarakat Provinsi bengkulu yang telah mendukung kampus Unihaz.

“Minal Aidzin wal Faidzin, mohon maaf lahir bathin, semoga perayaan idul adha di tengah pandemi COVID-19 ini tidak mengurangi aktifitas kita untuk terus berbuat baik, tetap semangat membangun nilai-nilai pengabdian pada agama, bangsa dan tanah air. Terimaksih untuk seluruh pihak yang telah mendukung kami” tutup rektor. 

Adapun rangakaian kegiatan yakni, Penyerahan hewan Qurban secara simbolis oleh Rektor Unihaz kepada Panitia Qurban, Penyembelihan Hewan Qurban dan Pembagian Hewan Qurba

Selanjutnya daging hewan Qurban didistribusikan kepada masyarakat yang sebelumnya telah dibagikan kupon untuk pengambilan.

Reporter: Irfan Arief
Editor: Riki Susanto