BPJS Kesehatan Jalin Kerjasama dengan Pemkab Seluma

1

Seluma,BI - Wakil Bupati Seluma Drs. Suparto, M.Si. menghadiri Acara Perjanjian Kerjasama BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu dengan Pemerintah Kabupaten Seluma tentang Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) bagi Kepala dan Perangkat Desa, bertempat di Aula Bappeda Seluma, Senin (24/06/2019).

Hadir dalam kegiatan ini Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu beserta jajarannya, Kepala Dinas PMD Seluma, Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) dan Ketua Forum Desa Kabupaten Seluma, Ketua Forum Desa Tingkat Kecamatan Se-Kabupaten Seluma, Sekretaris Desa Se-Kabupaten Seluma dan Undangan Lainnya.

Wakil Bupati Seluma Drs. Suparto, M.Si dalam sambutannya mengatakan acara ini sebagai bentuk implementasi sesuai amanat Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial dan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, Selanjutnya untuk mengingatkan akan tekad kita bersama dalam mewujudkan kesehatan untuk seluruh rakyat Indonesia, “Izinkan saya mengucapkan, salam sehat Indonesia untuk kita semua".

Drs. Suparto, M.Si. juga mengatakan Program Jaminan Kesehatan Nasional terutama bagi kepala desa dan perangkat desa se-Kabupaten Seluma untuk dapat menganggarkan iuran jaminan kesehatan pada Anggaran Dana Desa (ADD) sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 dan dukungan pemerintah Kabupaten Seluma melalui Peraturan Bupati seluma Nomor 20 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa.

“Saya mengharapkan kepada seluruh pihak mulai dari Aparatur Pelaksana sampai dengan kepala desa dan perangkat desa agar secara bersama-sama mengingatkan dan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk segera mendaftarkan dirinya beserta keluarganya ke dalam Program JKN-KIS karena sehat itu mahal”, Imbau Drs. Suparto, M.Si.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas PMD Saparudin, S.Sos dalam sambutannya mengatakan, "Sebagaimana kita sadari bersama bahwa demi tercapainya kondisi yang sehat bagi bangsa Indonesia, diperlukan peran aktif semua pihak dan kita ketahui bersama untuk mencapai Indonesia sehat, pemerintah telah menetapkan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan".

Kepala Cabang BPJS Bengkulu Rizki lestari menjelaskan tujuan dari sosialisasi : "supaya bapak ibu perangkat desa dapat terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dari segmen PPU PPNPM sekaligus mendapatkan sosialisasi tentang program JKN-KIS sehingga nantinya bapak ibu dapat memberikan penjelasan dengan warga tentang manfaat dari program JKN-KIS, kepala desa dan perangkat desa mempunyai hak untuk dapat terdaftar sebagai peserta JKN-KIS sebagaimana tercantum di dalam Perpres nomor 82 tahun 2018 pasal 4 tentang Jaminan Kesehatan".

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Sosial Kesehatan bagi Kepala Desa dan Perangkatnya se-Kabupaten Seluma antara Kepala Cabang BPJS Bengkulu Rizki Lestari dengan Pelaksana Tugas Kepala Dinas PMD Saparudin, S.Sos yang mewakili Pemerintah Kabupaten Seluma.(Em Mc)