Dilantik, Permahi Bengkulu Siap Bangun Kolaborasi dengan Pemerintah

Permahi

Pelantikan Permahi Cabang Bengkulu periode 2021-2023, Jumat, 22 Oktober 2021, Foto: Dok

Interaktif News -  Perhimpunan Mahasiswa Hukum Indonesia (PERMAHI) Cabang Bengkulu melaksanakan Pelantikan Kepengurusan Periode 2021-2023 di Gedung Serba Guna Pemprov Bengkulu, Jum’at (22/10). Pelantikan ini, mengangkat tema “Membangun Semangat Baru Menuju Permahi Yang Aktif, Progresif dan Berwawasan Tinggi Serta Bermoral Pancasila”.

Hadir ditengah-tengah acara, Guberur Bengkulu yang diwakili oleh Asisten II Yuliswani, Kapolda Bengkulu diwakili oleh Dirreskrimsus, dan Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Permahi, Saiful Salim, S.H.

Saiful Salim dalam sambutannya mengatakan, Permahi di Bengkulu sudah berdiri di Bengkulu pada tahu 2014 silam. “Sebagai informasi, Permahi di Bengkulu ini berdiri sejak tanggal 2014, sudah lama ya permahi di Bengkulu ini berdiri kurang lebih sudah tujuh tahun,” singkat saiful.

Permahi kata dia adalah organisasi kemahasiswa yang berazaskan Pancasila sehingga sejalan dengan tema yang yang diangkat oleh panitia dalam acara pelantikan. Melalui tema ini Ia berharap para pengurus dan anggota Permahi kembali membangkitkan semangat pancasila dengan cara berkontribusi untuk pembangunan. 

Pernyataan itu, disambut baik Asissten II Yuliswani yang berharap dengan dilantiknya Kepengurusan Permahi Cabang Bengkulu Periode 2021-2023, dapat menjadi corong maupun wadah mahasiswa hukum di Provinsi Bengkulu untuk mengimplementasikan ataupun menerapkan beberapa materi yang diterimanya di kampus.

Sementara Ketua DPC Permahi Bengkulu Ralandenei Tanpubolon mengatakan, pelantikan merupakan momentum untuk membenahi struktur organisasi sehingga proses kaderisasi dapat berjalan dengan baik. Ia juga meminta seluruh pengurus bergandengan tangan membawa kepengurusan Permahi Bengkulu dua tahun kedepan.

“Ini menjadi tugas bersama dalam hal menjalankan beberapa program kerja dua tahun kedepannya. Disini yang saya ingin tekankan contohnya dalam hal pengkaderan dan juga menjalin mitra kerjasama di instansi- instansi penegak hukum dalam hal mengedukasi masyarakat akan kesadaran hukum” ungkap Ralan.

Lanjut Ralan, kedepannya Permahi Cabang Bengkulu akan selalu siap dalam hal mengawal regulasi pemerintah sehingga tidak ada lagi diskriminasi dan ketimpangan keadailan yang disebabkan produk hukum. Disamping itu ia berharap seluruh kader dapat mengekspresikan diri melalui berbagi media agar peran dan fungsi Permahi semakin nyata di masyarakat. 

“Jika berbicara mengenai profesi hukum, banyak sekali profesi hukum yang dapat kita geluti khususnya mahasiswa hukum seperti advokat, jaksa, hakim, polisi, notaris, mediator, curator, arbriter dan masih banyak yang lainnya,” tutup ralan.

Sebelum pelantikan, juga digelar Dialog Publik yang diisi oleh Asisten II Yuliswani, Dirreskrimsus Polda Bengkulu, dan Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Permahi, Saiful Salim dengan tema “Meningkatkan Kebhinekaan, Mewujudkan Kesejahteraan Provinsi Bengkulu Di Masa Pandemi Covid – 19”.

Editor: Iman SP Noya