Dibalik Efek Bau Tak Sedap, Simak 8 Manfaat Kabau untuk Kesehatan

Kabau

Kabau, Poto:Pintaram.com

Tips Interaktif – Kabau atau dalam nama latin disebut Archidendron bubalinum adalah sejenis tumbuhan yang tumbuh di hutan tropis dikenal pula dengan nama jering antan atau jengkol hutan; Kabau masuk dalam anggota suku Fabaceae (Leguminosae). Tanaman ini banyak dijumpai di pulau sumatera. Buah kabau memiliki bentuk bulat memanjang, setiap buahnya memiliki jumlah biji kabau 8 hingga 12 buah. 

Kabau mungkin tak asing bagi kamu khususnya warga Bengkulu, saudaranya jengkol dan pete ini banyak ditemukan di pasar-pasar rakyat di Bengkulu. Sama seperti memakan jengkol, biasa kabau dikonsumsi sebagai lalapan, terutama untuk meningkatkan nafsu makan. Mengkonsumsi kabau juga akan menimbulkan efek bau tak sedap pada mulut. Walaupun demikian kabau juga memiliki berbagai kandungan zat gizi yang berguna untuk kesehatan tubuh. 

Dikutip dari manfaat.com, berikut ini adalah 8 manfaat tanaman kabau bagi kesehatan tubuh yang wajib anda ketahui.


1. Membantu Melancarkan Pencernaan
Manfaat tanaman kabau yang pertama adalah membantu melancarkan sistem pencernaan. Kabau juga memiliki kandungan serat yang cukup besar. Manfaat serat yang ada pada buah ini dipercaya dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, terutama melancarkan proses pencernaan. Buah ini juga cocok anda konsumsi untuk meredakan penyakit sembelit atau susah buang air besar yang anda alami. Anda bisa menyantapnya sebagai lalapan untuk makan sekaligus menjadi nutrisi untuk kesehatan pencernaan.

2. Sumber Fosfor
Dalam sebuah penelitian pada buah kabau, didapatkan berbagai kandungan zat gizi yang diperlukan tubuh salah satunya fosfor. Dalam 100 gram kabau terdapat 108 miligram fosfor, kandungan fosfor dalam buah kabau tentu sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Manfaat fosfor juga sangat besar untuk tubuh, anda bisa menjadikan kabau ini sebagai salah satu sumber fosfor.

3. Membantu Kerja Ginjal
Tanaman kabau ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan ginjal, kandungan mineral fosfor pada kabau dipercaya dapat membantu menyaring berbagai zat yang tidak berguna untuk tubuh. Hal ini tentu akan sangat membantu fungsi kerja ginjal dalam proses kerjanya dan tentunya berdampak pada kesehatan ginjal yang lebih baik lagi. Bagi anda yang menderita penyakit ginjal, berkonsultasilah terlebih dahulu tentang jumah kadar mineral fosfor yang dijinkan untuk dikonsumsi.

4. Membantu Kerja Otot
Tak hanya membantu kerja ginjal, kandungan fosfor dan kalsium yang terdapat pada buah kabau juga dapat membantu kerja otot tubuh. Fosfor akan berperan penting dalam membantu proses bergeraknya otot tubuh, bagi anda yang sering berolahraga tentu kondisi otot akan menjadi lelah, hal ini bisa teratasi dengan baik jika asupan fosfor dalam tubuh juga cukup. Rasa lelah yang terjadi pada otot akan segara pulih dan anda dapat melakukan aktivitas lain dengan tubuh yang segar dan sehat.

5. Membantu Menyembuhkan Diabetes
Manfaat tanaman kabau berikutnya adalah membantu untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Banyak orang percaya tanaman ini memiliki khasiat yang digunakan sebagai obat untuk diabetes. Kandungan berbagai nutrisi pada buah ini dipercaya mampu membantu penyakit diabetes.

6. Baik Untuk Kesehatan Jantung
Buah kabau ternyata juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan organ jantung. Buah ini memiliki nutrisi yang berguna untuk menjaga kesehatan otot jantung dalam melakukan kerjanya. Kondisi ini tentu akan merawat kondisi organ jantung lebih baik lagi sebab jantung tak mempunyai beban kerja yang terlalu berat. Hal ini juga akan menghindarkan anda dari berbagai penyakit yang mengancam kesehatan jantung seperti jantung koroner maupun penyakit jantung lainnya.

7. Nutrisi Untuk Tulang dan Gigi
Tak hanya fosfor, buah kabau juga memiliki kandungan kalsium yang cukup banyak. Manfaat kalsium tentu sangat banyak untuk, salah satunya adalah sebagai nutrisi untuk tulang dan gigi tetap terjaga kesehatannya. Anda dapat memenuhi asupan kalsium dengan mengkonsumsi buah kabau ini, bagi anda yang vegetarian tentu hal ini bisa jadi solusi yang baik untuk kesehatan.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Manfaat kabau untuk kesehatan yang terakhir adalah membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Buah kabau juga memiliki kandungan vitamin B1, Manfaat vitamin B1 ini salah satunya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang baik akan membuat kondisi tubuh tetap sehat dan tak mudah terserang berbagai penyakit.

Reporter: Alfridho Ade Permana