Bupati Kopli Ansori Hadiri Perayaan HUT Perpusnas RI di Jakarta

perpusnas ri

Swafoto Bupati Kopli Anshori di Hall Stage Podium HUT Perpusnas RI ke-44 di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Foto: Dok

Interaktif News – Bupati Lebong Kopli Anshori menghadiri acara puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia ke-44 yang diselenggarakan di Gedung Perpustakaan Nasional, di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.  

Acara yang berlangsung meriah ini dihadiri tokoh-tokoh penting, pejabat pemerintah serta pegiat literasi dari seluruh Indonesia. Dalam perayaan itu berbagai kegiatan digelar sepertiseminar literasi, pameran buku, serta peluncuran berbagai program dan layanan terbaru dari Perpusnas.

Bupati Kopli menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap upaya Perpusnas dalam meningkatkan minat baca dan literasi di Indonesia. Berbagai program telah diluncurkan oleh Perpusnas agar masyarakat gemar membaca.

"Perpustakaan memiliki peran vital untuk bangsa. Kami sangat mendukung setiap inisiatif yang mendorong peningkatan literasi, terutama di era digital saat ini. Apalagi beberapa program Perpusnas ditemui memberikan arti pentingnya literasi,” ujarnya.

Mengusung tema “Merajut Asa Melayani Negeri Untuk Mencerdaskan Bangsa” acara puncak HUT Perpusnas mengadopsi tren perkembangan teknologi digital guna memperluas akses informasi dan pengetahuan bagi masyarakat luas.

“Dalam perayaan itu berbagai kegiatan menarik turut memeriahkan perayaan HUT Perpusnas ke-44, termasuk seminar literasi, pameran buku, serta peluncuran berbagai program dan layanan terbaru dari Perpusnas,” ungkapnya.

Kehadiran Bupati Kopli dalam acara ini menunjukan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung pengembangan perpustakaan dan literasi. Ia berkomitmen penuh mendukung pengembangan literasi yang digagas oleh Perpusnas, agar program tersebut juga berjalan di Lebong.

“Kami berharap sinergi antara pemerintah pusat dan daerah serta berbagai komunitas literasi dapat terus terjalin demi menciptakan masyarakat Lebong yang cerdas dan berpengetahuan luas,” tuturnya.

Sementara, Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Lebong Edi Suhaimi mengatakan peringatan HUT Perpusnas ke-44 ini menjadi momentum penting untuk menguatkan peran perpustakaan sebagai pusat pengetahuan dan informasi.

Dalam kesempatan itu, Dinas Perpusatakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Lebong menjadi Kabupaten satu-satunya di Provinsi Bengkulu yang menerima bantuan dari Perpusnas RI. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

“Perpusda Lebong mendukung Perpustakaan menjadi pusat pengetahuan dan informasi . Kemudian berita baiknya Lebong menjadi satu-satunya penerima bantuan dari Perpusnas RI berupa satu unit mobil dan empat motor,”  kata Edi Suhaimi.

Reporter: Maya Fitria