Bupati Hidayat: Program PKK Harus Diaktualisasikan

1

Foto/Dok: Rabiul Awal

Interaktif News - Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid,MM,IPU menyampaikan, bahwa program TP-PKK harus diaktualisasikan sesuai dengan keadaan dan daerah masing-masing.

Sebagai contoh saat ini, kecenderungan dikeluarga menggunakan gadget untuk anak-anak. “Disinilah peran kader PKK untuk mensosialisasikan penggunaan gadget/handphone, bagaiman caranya agar anak dibawah 5 tahun jangan dulu diberikan gadget dan pengawasan penggunaannya agar tidak disalahgunakan,” sampai Bupati.

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati saat peringatan Hari kesatuan Gerak TP-PKK Ke-47 di Kabupaten Kepahiang. Yang mana acara tersebut diselenggarakan di halaman kantor Bupati Kepahiang, Kamis (31/10).

Bupati juga mengharapkan peran aktif kader PKK dalam kepedulian lingkungan hidup. Kader PKK harus memiliki keterampilan dalam mengelola sampah menjadi bahan kerajinan yang bernilai ekonomis. 

“Selain aktualisasi dibidang pembinaan keluarga tadi. Saya berharap kader PKK juga harus memiliki keterampilan dalam hal pengelolaan limbah plastik agar menjadi barang keterampilan yang bernilai ekonomis. Inilah bentuk aktualisasi program PKK dalam bidang kepedulian lingkungan,” imbuh Bupati.

Terakhir, Bupati  Hidayat berpesan kepada kepala organisasi perangkat daerah agar dapat membantu mensukseskan program PKK di Kabupaten Kepahiang. “Peran aktif kepala OPD juga diharapkan dalam mensukseskan 10 program PKK ini.

Sesuaikan dengan OPDnya, contohnya jika Dinas Pertanian bantulah PKK dalam membuat kebun PKK begitu juga OPD yang lainnya. Sehingga program PKK ini dapat berjalan dengan sukses,” demikian Bupati.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Kepahiang Ny. Efie Hidayattullah berpesan kepada seluruh kader PKK di Kabupaten Kepahiang agar dapat meningkatkan fungsi kinerja grakan PKK dengan bakti dan karya nyata, serta bekerja tanpa pamrih.

“Tingkatkan juga daya kreatifitas dan inovasi dalam pengembangan program-program PKK agar selarah dengan garis kebijakan program Pemerintah,” pungkas Ketua TP PKK.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Kepahiang, Forkopimda Kabupaten Kepahiang, Kepala OPD se-Kabupaten Kepahiang, organisasi-organisasi wanita, serta kader PKK se-Kabupaten Kepahiang.

Acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah dari berbagai perlombaan yang diselenggarakan oleh TP-PKK Kabupaten Kepahiang, penampilan dari sanggar seni, penampilan paduan suara kader PKK Kabupaten, serta penampilan Rajawali Band. 

Reporter : Rabiul Awal
Editor: Iman SP Noya