Beredar Akun Palsu Gubernur Rohidin Mersyah, Masyarakat Diminta Waspada

Gubernur Rohidin

Foto/dok. Media Centre

Interaktif News - Maraknya kasus pencatutan nama menggunakan akun palsu di media sosial terjadi di tanah air. Modus pelaku biasanya menipu dan memeras korban dari pertemanannya. Bahkan bisa saja untuk menjatuhkan nama baik korbannya. 

Beredar akun palsu facebook Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang sengaja dibuat oleh oknum tak bertanggung jawab.

Hal ini diketahui Rohidin Mersyah, sejak beberapa pekan terakhir terkait beredarnya akun palsu mengatasnamakan dirinya di media sosial facebook yang digunakan untuk penipuan. 

Akun palsu Gubernur Rohidin digunakan pelaku memakai foto profil wajah Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menggunakan pakaian dinas warna hitam dan memakai masker putih. Selain itu, pelaku juga kerap mengganti foto Gubernur menggunakan pakaian dinas berwarna putih. 

Mulanya pelaku menanyakan kabar dan domisili. Lanjut, pelaku menanyakan nomor Whatsup (WA) kepada korban berdalih menjadi teman sekaligus rekan. 

Setelah dapatkan nomor, facebook palsu yang mengatasnamakan Gubernur Bengkulu ini mulai melakukan penipuan. Kemudian pelaku meminta kode enam angka yang masuk via pesan SMS HP dengan dalih agar permintaan pertemanan Whatsup (WA) bisa terhubung. 

Disinyalir permintaan kode tersebut adalah persetujuan menarik saldo rekening korban atau bisa saja kerugian yang lainnya. 

Masyarakat Bengkulu tentunya dibuat resah oleh oknum yang tak bertanggungjawab ini, karena pembuat akun palsu tersebut sempat melakukan aktifivitas atau interaksi melalui pesan di facebook mengatasnamakan Gubernur Bengkulu.

Sementara, Kadis Kominfotik Provinsi Bengkulu Jaduliwan mengatakan, pada prinsipnya seluruh pejabat dan jajaran ASN Pemprov Bengkulu mengutuk keras akun palsu yang telah meresahkan masyarakat Bengkulu dan saat ini penelusuran akun palsu tersebut terus dilakukan.

Untuk itu, dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan. Jika ada akun Facebook, Messenger atau WhatsApp mengatasnamakan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, yang mengajak berkomunikasi bahkan meminta sesuatu segera lapor. 

"Karna ini jelas jelas merugikan nama baik Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan kami tegaskan bahwa ini merupakan akun palsu yang mengatasnamakan Gubernur Rohidin", tegas jaduliwan

"Atas beredarnya akun palsu mengatasnamakan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah ini, saya meminta masyarakat untuk lebih waspada, apalagi saat ini tahun politik," jelas Jaduliwan.

Untuk diketahui, informasi jelas terkait Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, lanjut Jaduliwan masyarakat bisa mengakses ke website resmi Pemprov Bengkulu seperti ke www.bengkuluprov.go.id atau ke akun official Rohidin Mersyah atau ke akun medsos Media Center Pemprov Bengkulu, tutup jaduliwan. 

Editor : Irfan Arief