Angka Pelamar PPK di Bengkulu Capai 3.697 Orang

Darlinsyah

Darlinsyah anggota KPU Provinsi Bengkulu, Poto:Dok

Interaktif News – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu baru saja merilis data infografis jumlah pelamar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk agenda pilkada serentak tahun 2020. Dalam rilisnya KPU mencatat sebanyak 3.697 orang  terdaftar sebagai pelamar PPK yang tersebar di seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu.

Jumlah pendaftar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Provinsi Bengkulu meningkat tajam bahkan dua kali lipat dari periode sebelumnya. “Ini menunjukan animo masyarakat tinggi untuk menjadi penyelenggara pemilu,” kata Anggota KPU Provinsi Bengkulu Darlinsyah. 

Menariknya dari data tersebut, terdapat 68 orang lulusan S2 yang turut mengikuti tes walaupun KPU hanya mensyaratkan pendidikan minimal SMA. Demikian pula pelamar dengan jenjang pendidikan S1 yang menduduki angka tertinggi, 1.855 orang. 

“Pendaftar S1 ini cukup banyak, paling banyak, jadi untuk menjadi penyelenggara di tingkat PPK itu cukup bergengsi,” sambung  Darlin. 

Selain itu, Darlinsyah juga menilai tingginya minat masyarakat mendaftar PPK dikarenakan peningkatan honor yang diberikan, mencapai Rp2,2 juta.

“Kalau dulu Ketua PPK masih 1,8 juta, sekarang 2,2 juta. Sementara anggota di angka 1,8 jutaan, jadi pemerintah dan KPU cukup memperhatikan kesejahteraan PPK. Hal ini juga yang menjadi alasan lain meningkatnya minat masyarakat menjadi penyelenggara, juga menjadi penyelenggara adalah sebuah kehormatan,” tukasnya.

Lebih lanjut mantan ketua Kota Bengkulu ini menjamin penyelenggaraan seleksi PPK akan berjalan profesional sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan dalam PKPU dan aturan kepemiluan.

“Silahkan masyarakat memberi masukan, panwas juga, nanti akan dilanjutkan dengan seleksi tertulis. Seleksi tertulis kita lakukan secara profesional, tapi kita juga mengedepankan kerahasiaan soal-soal, termasuk pengkoreksian, kemudian tes wawancara, lalu diambil lima orang dari 10 orang per kecamatan, cukup banyak, total 129 kecamatan se-Provinsi Bengkulu dikalikan lima,” kata mantan akifis kampus yang pernah menjabat Presiden Mahasiswa UMB ini menjelaskan.

Untuk pelantikan, kata Darlin, akan dilakukan serentak pada 29  Februari 2020 mendatang karena masa kerja mereka terhitung sejak 1 Maret 2020 hingga sembilan bulan ke depan. (***)

Editor: Riki Susanto